UKW Angkatan 43 Ditutup, 16 Peserta Dinyatakan Berkompeten, 7 Peserta Dinyatakan tidak Kompeten

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 43 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) di Ballroom D'San Hotel Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan telah ditutup, Minggu (4/9/2022).

topmetro.news – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 43 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) di Ballroom D’San Hotel Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan telah ditutup, Minggu (4/9/2022).

Kegiatan UKW Angkatan 43 yang diikuti 24 peserta dari berbagai media yang dilaksanakan selama dua hari ini, dinyatakan 7 orang tidak lulus.

Demikian disampaikan perwakilan penguji, M Sahrir MIKom dalam laporannya di hadapan Ketua PWI Sumatera Utara (Sumut) H Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Madina M Ridwan Lubis, panitia UKW dan seluruh peserta UKW.

“Dari 24 peserta UKW angkatan 43 yang dilaksanakan di Kabupaten Madina ini, hanya diikuti 23 peserta, 1 dinyatakan gagal karena tidak hadir saat UKW digelar. Dan dari 23 peserta yang mengikuti UKW, 16 peserta dinyatakan berkompeten dan 7 peserta lainnya dinyatakan tidak berkompeten,” sebutnya mengakhiri laporan.

Lokot Parsungkunan Lubis salah seorang peserta UKW angkatan 43 mewakili peserta dalam pidatonya menuturkan ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus PWI Sumut, PWI Madina, penguji dan panitia yang telah memberikan banyak pengetahuan terkait jurnalistik dalam program UKW ini.

“Sebelumnya mewakili peserta yang lain, saya mengucapkan terima kasih. Sebab, dari sekian lama dan telah banyak yang terlupakan, dengan mengikuti program UKW ini, saya kembali bisa mengingat apa yang selama ini telah terlupakan oleh saya dalam hal jurnalistik,” ujarnya.

“Dan semoga apa yang telah kami dapat UKW Angkatan 43 ini, bisa menjadi pembelajaran yang berharga. Dan bisa kami terapkan di lapangan, guna menyajikan pemberitaan yang baik,” lanjutnya.

Ketua PWI Madina M Ridwan Lubis dalam sambutannya menuturkan ucapan selamat bagi 16 peserta UKW Angkatan 43 yang telah dinyatakan berkompeten (lulus-red). Dan kepada peserta yang belum berkompeten atau belum beruntung agar bersabar dan jangan patah semangat.

“Bagi 16 peserta yang telah diuji dan dinyatakan berkompeten saya ucapkan selamat, dan bagi 7 peserta yang dinyatakan belum berkompeten agar bersabar dan jangan berkecil hati. Sebab, Insha Allah PWI Madina rencananya akan kembali menggelar UKW pada Bulan Desember nanti. Maka jadikanlah ini sebuah pengalaman agar lebih baik saat menghadapi UKW yang berikutnya nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik dalam pidatonya juga menyampaikan ucapan selamat kepada 16 para peserta UKW Angkatan 43 yang dinyatakan berkompeten. Dan kepada 7 peserta yang belum berkompeten, ia berpesan agar tetap semangat dan terus berusaha agar ke depan bisa mencoba kembali.

“Ke 7 peserta yang dinyatakan belum berkompeten ini hanya karena belum beruntung saja. Karena, apa yang dijadikan dalam materi UKW itu adalah hal yang setiap hari kita lakukan ketika bekerja melakukan liputan di lapangan,” sebutnya.

Lanjut Farianda, masih banyak waktu untuk bisa mencoba kembali Program UKW ini. Dan bagi 16 peserta yang telah dinyatakan berkompeten oleh penguji, agar hal ini tetap terus dipertahankan. Agar di lapangan bisa menyajikan berita-berita yang baik, dengan memberikan edukasi serta informasi yang benar kepada masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat bagi peserta yang telah dinyatakan berkompeten. Sekaligus UKW angkatan 43 yang digelar PWI Madina di Ballroom D’San Hotel ini saya tutup,” tandasnya sembari menutup acara.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment